Kisah Mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam Membelah Bulan Menjadi Dua
Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam keluarga sahabat dan para pengikutnya yang setia dan istiqamah
Kisah yang satu ini memang diluar logika manusia, ketika itu bulan terbelah menjadi dua. Dengan mukjizat dari Allah, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam mampu membuat purnama bulat terbelah seketika. Peristiwa ini dikisahkan dalam surat Al Qamar 1-3.
Semakin bertambahnya pengikut Nabi Muhammad untuk memeluk Islam membuat orang-orang Quraisy merasa sangat marah.
Kaum Quraisy melakukan berbagai cara untuk membuat kepercayaan para pengikut Nabi Muhammad berkurang.
Kaum Quraisy membuat rencana yang sangat tidak masuk akal untuk menyudutkan Nabi Muhammad.
Salah satunya dengan menantang nabi untuk melakukan hal yang mustahil untuk membuktikan kebenaran kenabiannya.
Suatu ketika kaum Quraisy menantang nabi Muhammad di depan para pengikutnya sebagai bentuk kebenaran tentang ajarannya dan kenabiannya.
Saat itu kaum Quraisy yang sedang berkumpul di Kabbah sengaja memanggil Nabi untuk mempermalukan dirinya.
Awalnya mereka menawarkan kekayaan dan kemuliaan kepada Sang Baginda. Namun Nabi menolaknya sehingga membuat mereka diam seribu bahasa.
Namun tidak sampai disitu, mereka tidak kehilangan akal untuk membuat Nabi Muhammad malu. Jika Nabi mampu, mereka berjanji mengikuti apa yang dibawa Nabi, yakni percaya jika Tuhan hanya satu.
Mereka meminta agar Nabi membelah bulan menjadi dua. Berikut kisah mukjizat Nabi Muhammad yang dapat membelah bulan.
Firman Allah Surat Al-Qamar yang mengisahkan tentang terbelahnya bulan adalah sebagai berikut:
ุงِْูุชَุฑَุจَุชِ ุงูุณَّุงุนَุฉُ َูุงْูุดََّู ุงَْููู َุฑُ.ูก َูุงِْู َّูุฑَْูุง ุงَٰูุฉً ُّูุนْุฑِุถُْูุง ََُُْْููููููุง ุณِุญْุฑٌ ู ُّุณْุชَู ِุฑٌّ.ูข
“Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah Bulan. Dan jika mereka (orang-orang musyrik) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata: ‘(Ini adalah) sihir yang terus menerus’. Dan mereka mendustakan (Nabi) dan mengikuti hawa nafsu mereka, sedang tiap-tiap urusan telah ada ketetapannya,” Surah Al Qamar Ayat 1-3.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah seorang yang sangat menginginkan agar kaumnya mendapatkan hidayah.
Beliau juga adalah orang yang paling semangat agar mereka selamat dari adzab Allah. Walaupun beliau tahu kisah umat-umat terdahulu. Bagaimana para rasul didustakan.
Dan bagaimana akhir dari orang-orang yang mendustakan peringatan para rasul-rasul tersebut.
Pelajaran lainnya adalah di antara metode yang digunakan ahlul batil dalam mendebat adalah meminta perkara-perkara ajaib semisal mukjizat.
Tujuannya bukan untuk merenungkan kemudian beriman. Bukan pula membuat tenang hati mereka dengan kebenaran. Mereka hanya ingin menghalangi manusia dari jalan Allah.
Mereka hanya ingin mendebat saja. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mendatangkan sebuah mukjizat yang besar dan kekal untuk mereka.
Sebuah mukjizat yang dinalar oleh orang-orang Arab sebagai sesuatu yang hebat dan istimewa. Yaitu Alquran. Bahkan Allah tantang mereka dengan firman-Nya,
ُْูู َูุฆِِู ุงุฌْุชَู َุนَุชِ ุงูุฅِْูุณُ َูุงْูุฌُِّู ุนََูู ุฃَْู َูุฃْุชُูุง ุจِู ِุซِْู َูุฐَุง ุงُْููุฑْุขِู ูุงَ َูุฃْุชَُูู ุจِู ِุซِِْูู ََْููู َูุงَู ุจَุนْุถُُูู ْ ِูุจَุนْุถٍ ุธَِููุฑًุง
Katakanlah: “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain”. (Quran Al-Isra: 88).
Bahkan Allah tantang dengan suatu yang lebih ringan, sebagaimana dalam Surat Hud:
ุฃَู ْ ََُُูููููู ุงْูุชَุฑَุงُู ُْูู َูุฃْุชُูุง ุจِุนَุดْุฑِ ุณَُูุฑٍ ู ِุซِِْูู ู ُْูุชَุฑََูุงุชٍ َูุงุฏْุนُูุง ู َِู ุงุณْุชَุทَุนْุชُู ْ ู ِْู ุฏُِูู ุงِููู ุฅِْู ُْููุชُู ْ ุตَุงุฏَِِููู
Bahkan mereka mengatakan: “Muhammad telah membuat-buat Al-Qur'an itu”, Katakanlah: “(Kalau demikian), maka datangkanlah sepuluh surat-surat yang dibuat-buat yang menyamainya, dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup (memanggilnya) selain Allah, jika kamu memang orang-orang yang benar”. (Quran Hud: 13).
Dan juga firman-Nya,
ุฃَู ْ ََُُูููููู ุงْูุชَุฑَุงُู ُْูู َูุฃْุชُูุง ุจِุณُูุฑَุฉٍ ู ِุซِِْูู َูุงุฏْุนُูุง ู َِู ุงุณْุชَุทَุนْุชُู ْ ู ِْู ุฏُِูู ุงِููู ุฅِْู ُْููุชُู ْ ุตَุงุฏَِِููู
Atau (patutkah) mereka mengatakan “Muhammad membuat-buatnya”. Katakanlah: “(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang yang benar”.(Quran Yunus: 38)
Orang-orang Quraisy tidak mampu menjawab tantangan ini. Walaupun hanya dengan satu kali percobaan. Mereka tidak mampu menjawab tantangan Al-qur'an.
Mereka sadar mereka lemah dan tak kuasa menjawab tantangan Alquran, tapi mereka masih saja menantang dengan tantangan yang lain. Tujuannya adalah debat kusir dan cari-cari alasan saja.
Demikianlah kaum muslimin, kalau Alqur'an tak mampu membuat kita sadar, maka mukjizat terbelahnya bulan, gunung menjadi emas, dan lainya. seandainya ada, juga tak akan mampu membuat kita sadar.
Mereka meminta agar bulan dibelah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri. Kemudian mengarahkan tangannya ke bulan. Bulan pun terbelah dua. Satu bagian di atas gunung. Bagian lainnya di gunung yang lain.
Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu:
ุฃََّู ุฃََْูู ู ََّูุฉَ ุณَุฃَُููุง ุฑَุณَُูู ุงِููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุฃَْู ُูุฑَُِููู ْ ุขَูุฉً، َูุฃَุฑَุงُูู ُ ุงْูุดَِูุงَู ุงَْููู َุฑِ
“Penduduk Mekah meminta Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar mendatangkan mukjizat. Beliau perlihatkan pada mereka terbelahnya bulan.” (HR. al-Bukhari dalam Kitab al-Manaqib 3438 dan lafadz ini milik al-Bukhari. Muslim dalam Kitab Sifat al-Qiyamah wa al-Jannah wa an-Nar 2802)
Dalam riwayat lain juga dari Anas, ia berkata,
َูุฃَุฑَุงُูู ُ ุงَْููู َุฑَ ุดَِّูุชَِْูู ุญَุชَّู ุฑَุฃَْูุง ุญِุฑَุงุกً ุจََُْูููู َุง
“Beliau perlihatkan kepada mereka bulan terbelah. Sampai mereka lihat Hira (nama tempat) di antara keduanya.” (HR. al-Bukhari dalam Kitab Fadhail ash-Shahabah 3655).
Dalam riwayat lain,
ِูุฑَْูุชَِْูู؛ ِูุฑَْูุฉً ََْููู ุงْูุฌَุจَِู، َِููุฑَْูุฉً ุฏَُُููู
“Terbelah dua. Satu belahan di atas gunung. Belahan lainnya di sisi yang berbeda.” (HR. al-Bukhari dalam Kitab at-Tafsir Surat al-Qamar 4583).
Diriwayatkan juga dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu, ia berkata,
: ุงْูุดََّู ุงَْููู َุฑُ ุนََูู ุนَْูุฏِ ุฑَุณُِูู ุงِููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุดَِّูุชَِْูู، ََููุงَู ุงَّููุจُِّู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู : “ุงุดَْูุฏُูุง
“Bulan terbelah menjadi dua bagian di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Saksikanlah!’” (HR. al-Bukhari dalam Kitab al-Manaqib 3437 dan Muslim dalam Kitab Sifat al-Qiyamah wa al-Jannah wa an-Nar 2800).
Peristiwa ini terjadi dua kali. Bukan sekali saja. Hal ini berdasarkan riwayat dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu. Ia berkata,
َูุฃَุฑَุงُูู ُ ุงْูุดَِูุงَู ุงَْููู َุฑِ ู َุฑَّุชَِْูู
“Dua kali beliau perlihatkan bulan terbelah.” (HR. Muslim dalam Kitab Sifat al-Qiyamah wa al-Jannah wa an-Nar 2802 dan Ahmad 13177).
Peristiwa pertama terjadi di Mina. Yaitu ucapan Anas:
ุงْูุดََّู ุงَْููู َุฑُ ََููุญُْู ู َุนَ ุงَّููุจِِّู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุจِู ًِูู
“Bulan terbelah. Saat itu kami bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di Mina.” (HR. al-Bukhari dalam Kitab Fadhail ash-Shahabah 3656).
Dan kejadian kedua terjadi di Mekah. Yaitu sebagaimana diriwayatkan Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu:
ุงْูุดََّู ุจِู ََّูุฉَ
“Bulan terbelah di Mekah.” (HR. al-Bukhari dalam Kitab Fadhail ash-Shahabah 3656)
Meskipun peristiwa besar ini terjadi dua kali, para pendusta itu berkata, “Muhammad telah menyihir kalian.”
Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, ia berkata,
ุณَุฃََู ุฃَُْูู ู ََّูุฉَ ุงَّููุจَِّู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุขَูุฉً، َูุงْูุดََّู ุงَููู َุฑُ ุจِู ََّูุฉَ ู َุฑَّุชَِْูู، ููุฒูุช: {ุงْูุชَุฑَุจَุชِ ุงูุณَّุงุนَุฉُ َูุงْูุดََّู ุงَููู َุฑُ} [ุงููู ุฑ: 1] ุฅูู ูููู: {ุณِุญْุฑٌ ู ُุณْุชَู ِุฑٌّ} [ุงููู ุฑ: 2]
“Orang-orang Mekah meminta Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mendatangkan sebuah mukjizat. Bulan pun terbelah dua kali di Mekah. Turunlah firman Allah: ‘Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan. Sampai firman-Nya “(Ini adalah) sihir yang terus-menerus”. [Quran Al-Qamar: 1-2] (HR. at-Turmudzi dalam Kitab Tafsir Alquran 3286. Ia berkomentar hadits ini hasan shahih. An-Nasai 11554. Ahmad 12711. Syu’aib al-Arnauts mengomentari bahwa sanadnya shahih sesuai syarat al-Bukhari dan Muslim)
Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu, ia berkata,
ุฑَุฃَْูุชُ ุงَْููู َุฑَ ู ُْูุดًَّูุง ุจِุดَِّูุชَِْูู ู َุฑَّุชَِْูู ุจِู ََّูุฉَ َูุจَْู ู َุฎْุฑَุฌِ ุงَّููุจِِّู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ، ุดَِّูุฉٌ ุนََูู ุฃَุจِู ُูุจَْูุณٍ، َูุดَِّูุฉٌ ุนََูู ุงูุณَُّْููุฏَุงุกِ” ََููุงُููุง: ุณُุญِุฑَ ุงَْููู َุฑُ. ََููุฒََูุชْ {ุงْูุชَุฑَุจَุชِ ุงูุณَّุงุนَุฉُ َูุงْูุดََّู ุงَْููู َุฑُ} [ุงููู ุฑ: 1]
“Aku melihat bulan terbelah menjadi dua bagian sebanyak dua kali. Peristiwa ini terjadi di Mekah sebelum hijrahnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Satu potongan di atas Gunung Abu Qubais dan potongan lainnya di atas as-Suwaida. Mereka berkata, ‘Bulan telah disihir’. Turunlah firman-Nya: ‘Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan’.” (HR. al-Hakim 3757. Ia berkata, “Hadits ini shahih sesuai dengan syarat al-Bukhari dan muslim walaupun keduanya tidak meriwayatkannya. Disepakati oleh adz-Dzhabai).
Mereka mencari-cari alasan untuk mendustkan mukjizat ini. Sampai-sampai mereka bertanya pada orang-orang yang baru datang dari safar.
Dengan sangkaan, kalau seandainya ini sihir, maka sihir itu tidak punya pengaruh pada orang-orang yang berada di luar Mekah, yang sedang bersafar.
Para musafir ini menjawab bahwa mereka melihat bulan terbelah pada malam dan waktu yang sama saat mereka melihatnya terbelah.
Mendengar jawaban tersebut, mereka malah berseloroh, “Ini adalah sihir yang terus-menerus.” Ini menunjukkan, memang sejak awal niat mereka bukan untuk membenarkan dan beriman. Mereka hanya ingin mendebat dan menghalangi manusia dari kebenaran.
Dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu, ia berkata,
ุงْูุดََّู ุงَْููู َุฑُ ุนََูู ุนَْูุฏِ ุฑَุณُِูู ุงِููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ََููุงَูุชْ ُูุฑَْูุดٌ: َูุฐَุง ุณِุญْุฑُ ุงุจِْู ุฃَุจِู َูุจْุดَุฉَ، َูุงَู: ََููุงُููุง: ุงْูุชَุธَุฑُูุง ู َุง ุชَุฃْุชُِููู ْ ุจِِู ุงูุณَُّّูุงุฑُ؛ َูุฅَِّู ู ُุญَู َّุฏًุง ูุงَ َูุณْุชَุทِูุนُ ุฃَْู َูุณْุญَุฑَ ุงَّููุงุณَ َُُّูููู ْ َูุงَู: َูุฌَุงุกَ ุงูุณَُّّูุงุฑُ ََููุงُููุง ุฐَุงَู
“Bulan terbelah di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Orang-orang Quraisy berkata, ‘Ini adalah sihirnya Ibnu Abi Kabsyah (mereka gelari Rasulullah dengan sebutan demikian)’. Kata mereka, ‘Tunggulah kedatangan orang-orang yang bersafar. Karena Muhammad tak akan mampu menyihir semua orang’. Kemudian datanglah orang-orang dari safar. Mereka malah mengatakan seperti itu.” (HR. Abu Dawud 293. As-Saqaf berkata, “Riwayat Abu Dawud ath-Thayalisi dengan sanad yang shahih).
Diriwayatkan juga dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata,
ุงْูุดََّู ุงَْููู َุฑُ ุจِู ََّูุฉَ ุญَุชَّู ุตَุงุฑَ ِูุฑَْูุชَِْูู، ََููุงَู َُّููุงุฑُ ุฃَِْูู ู ََّูุฉَ: َูุฐَุง ุณِุญْุฑٌ ุณَุญَุฑَُูู ْ ุจِِู ุงุจُْู ุฃَุจِู َูุจْุดَุฉَ؛ ุงْูุธُุฑُูุง ุงูุณَُّّูุงุฑَ َูุฅِْู َูุงُููุง ุฑَุฃَْูุง ู َุง ุฑَุฃَْูุชُู ْ ََููุฏْ ุตَุฏََู، َูุฅِْู َูุงُููุง َูู ْ َูุฑَْูุง ู َุง ุฑَุฃَْูุชُู ْ ََُููู ุณِุญْุฑٌ ุณَุญَุฑَُูู ْ ุจِِู، َูุงَู: َูุณُุฆَِู ุงูุณَُّّูุงุฑُ ََููุฏِู ُูุง ู ِْู ُِّูู َูุฌٍْู ََููุงُููุง: ุฑَุฃََْููุง
“Bulan terbelah di Mekah hingga menjadi dua bagian. Orang-orang kafir Mekah berkata, ‘Ini adalah sihir. Ibnu Abi Kabsyah menyihir kalian. Tunggulah orang-orang yang bersafar tiba. Kalau mereka melihat seperti apa yang kalian lihat, maka Muhammad benar. Kalau mereka tidak melihat apa yang kalian lihat, maka Muhammad telah menyihir kalian’. Mereka bertanya pada para muasafir yang datang dari berbagai penjuru. Kata mereka, ‘Kami melihatnya’.” (HR. al-Baihaqi dalam Dala-il an-Nubuwah, 2/266-267. Abu Nu’aim al-Ashbahani dalam Dala-il an-Nubuwah Hal: 281).
Akhirnya, orang-orang musyrik mengajukan permintaan bodoh kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana dikisahkan Alquran:
ََููุงُููุง َْูู ُูุคْู َِู ََูู ุญَุชَّู ุชَْูุฌُุฑَ ََููุง ู َِู ุงูุฃَุฑْุถِ َْููุจُูุนًุง (90) ุฃَْู ุชََُููู ََูู ุฌَّูุฉ ู ِْู َูุฎٍِูู َูุนَِูุจٍ َูุชَُูุฌِّุฑَ ุงูุฃََْููุงุฑَ ุฎِูุงَََููุง ุชَْูุฌِูุฑًุง (91) ุฃَْู ุชُุณِْูุทَ ุงูุณَّู َุงุกَ َูู َุง ุฒَุนَู ْุชَ ุนَََْูููุง ِูุณًَูุง ุฃَْู ุชَุฃْุชَِู ุจِุงِููู َูุงูู َูุงَุฆَِูุฉِ َูุจِููุงً (92) ุฃَْู ََُูููู ََูู ุจَْูุชٌ ู ِْู ุฒُุฎْุฑٍُู ุฃَْู ุชَุฑَْูู ِูู ุงูุณَّู َุงุกِ ََْููู ُูุคْู َِู ِูุฑَُِِّููู ุญَุชَّู ุชَُูุฒَِّู ุนَََْูููุง ِูุชَุงุจًุง َْููุฑَุคُُู ُْูู ุณُุจْุญَุงَู ุฑَุจِّู َْูู ُْููุชُ ุฅِูุงَّ ุจَุดَุฑًุง ุฑَุณُููุงً
Dan mereka berkata: “Kami sekali-kali tidak percaya kepadamu hingga kamu memancarkan mata air dan bumi untuk kami, atau kamu mempunyai sebuah kebun korma dan anggur, lalu kamu alirkan sungai-sungai di celah kebun yang deras alirannya.
Atau kamu jatuhkan langit berkeping-keping atas kami, sebagaimana kamu katakan atau kamu datangkan Allah dan malaikat-malaikat berhadapan muka dengan kami. Atau kamu mempunyai sebuah rumah dari emas, atau kamu naik ke langit.
Dan kami sekali-kali tidak akan mempercayai kenaikanmu itu hingga kamu turunkan atas kami sebuah kitab yang kami baca”. Katakanlah: “Maha Suci Tuhanku, bukankah aku ini hanya seorang manusia yang menjadi rasul?” (Quran Al-Isra: 90-93)
Semua permintaan yang mereka ajukan tersebut lebih rendah keadaannya dibandingkan keajaiban Alquran. Permintaan mereka itu hanya mencari-cari alasan. Hanyalah penolakan dan kekalahan argument. Allah Subhanahu wa Ta’ala menyifati mereka:
ََْููู َูุชَุญَْูุง ุนََِْูููู ْ ุจَุงุจًุง ู َِู ุงูุณَّู َุงุกِ َูุธَُّููุง ِِููู َูุนْุฑُุฌَُูู (14) ََููุงُููุง ุฅَِّูู َุง ุณُِّูุฑَุชْ ุฃَุจْุตَุงุฑَُูุง ุจَْู َูุญُْู َْููู ٌ ู َุณْุญُูุฑَُูู
“Dan jika seandainya Kami membukakan kepada mereka salah satu dari (pintu-pintu) langit, lalu mereka terus menerus naik ke atasnya, tentulah mereka berkata: “Sesungguhnya pandangan kamilah yang dikaburkan, bahkan kami adalah orang orang yang kena sihir”. [Quran Al-Hijr: 14-15].
Demikian juga firman-Nya:
َูุฃَْูุณَู ُูุง ุจِุงِููู ุฌَْูุฏَ ุฃَْูู َุงِِููู ْ َูุฆِْู ุฌَุงุกَุชُْูู ْ ุขَูุฉٌ َُููุคْู َُِّูู ุจَِูุง ُْูู ุฅَِّูู َุง ุงูุขَูุงุชُ ุนِْูุฏَ ุงِููู َูู َุง ُูุดْุนِุฑُُูู ْ ุฃَََّููุง ุฅِุฐَุง ุฌَุงุกَุชْ ูุงَ ُูุคْู َُِููู (109) ََُِّููููุจُ ุฃَْูุฆِุฏَุชَُูู ْ َูุฃَุจْุตَุงุฑَُูู ْ َูู َุง َูู ْ ُูุคْู ُِููุง ุจِِู ุฃَََّูู ู َุฑَّุฉٍ ََููุฐَุฑُُูู ْ ِูู ุทُุบَْูุงِِููู ْ َูุนْู ََُููู (110) ََْููู ุฃَََّููุง َูุฒََّْููุง ุฅَِِْูููู ُ ุงْูู َูุงَุฆَِูุฉَ َََّูููู َُูู ُ ุงْูู َْูุชَู َูุญَุดَุฑَْูุง ุนََِْูููู ْ َُّูู ุดَْูุกٍ ُูุจُูุงً ู َุง َูุงُููุง ُِููุคْู ُِููุง ุฅِูุงَّ ุฃَْู َูุดَุงุกَ ุงُููู َََِّูููู ุฃَْูุซَุฑَُูู ْ َูุฌََُْูููู
“Mereka bersumpah dengan nama Allah dengan segala kesungguhan, bahwa sungguh jika datang kepada mereka sesuatu mukjizat, pastilah mereka beriman kepada-Nya. Katakanlah: “Sesungguhnya mukjizat-mukjizat itu hanya berada di sisi Allah”.
Dan apakah yang memberitahukan kepadamu bahwa apabila mukjizat datang mereka tidak akan beriman. Dan (begitu pula) Kami memalingkan hati dan penglihatan mereka seperti mereka belum pernah beriman kepadanya (Al Quran) pada permulaannya, dan Kami biarkan mereka bergelimang dalam kesesatannya yang sangat.
Kalau sekiranya Kami turunkan malaikat kepada mereka, dan orang-orang yang telah mati berbicara dengan mereka dan Kami kumpulkan (pula) segala sesuatu ke hadapan mereka, niscaya mereka tidak (juga) akan beriman, kecuali jika Allah menghendaki, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.” (Quran Al-An’am: 109-111).
Meskipun demikian keadaan mereka. Penolakan mereka. Keadaan mereka yang mencari-cari alasan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tetap bersemangat mendakwahi mereka. Tetap berkeinginan agar mereka mendapatkan hidayah.
Beliau tetap berusaha agar mereka selamat dari adzab Allah. Abdullah bin Abbas radhiallahu ‘anhuma berkata.
0 Response to " Kisah Mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam Membelah Bulan Menjadi Dua "
Posting Komentar
Silahkan Berkomentar Dengan Bijak