Tentang Dua Rakaat Sebelum Subuh

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman

Saudara sekalian, salat sunah adalah penyempurna salat fardu. Tentunya setiap hamba sangat butuh untuk memperbanyak ibadah sunah agar bisa menutupi kekurangan pada ibadah wajibnya. 

Di antara salat sunah yang sangat besar keutamaannya adalah dua rakaat sebelum Subuh. 

Berikut akan kami sebutkan beberapa pembahasan tentang pembahasan dua rakaat sebelum Subuh dari para ulama. 

Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Keutamaan

Tentang keutamaan dua rakaat sebelum Subuh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan,

ุฑَูƒْุนَุชَุง ุงู„ْูَุฌْุฑِ ุฎَูŠْุฑٌ ู…ِู†َ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ูˆَู…َุง ูِูŠู‡َุง

“Dua rakaat fajar (sunah sebelum Subuh) lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya” (Muslim, no 752 dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha).

Karena keutamaannya yang sangat besar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam rutin mengerjakannya. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ’anha, beliau berkata,

ู„ู… ูŠูƒู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู„ู‰ ุดูŠุก ู…ู† ุงู„ู†ูˆุงูู„ ุฃุดุฏ ู…ู†ู‡ ุชุนุงู‡ุฏุงً ุนู„ู‰ ุฑูƒุนุชูŠ ุงู„ูุฌุฑ

“Tidak ada ibadah sunah yang paling Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam jaga (rutinkan) selain dua rakaat fajar (sebelum Subuh).” (Al-Bukhari, no. 1.169).

Kemudian dalam lafaz yang lain disebutkan,

ุฃู†َّ ุงู„ู†ุจูŠَّ ุตู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„َّู…َ ู„ู… ูŠูƒู† ุนู„ู‰ ุดูŠุกٍ ู…ู† ุงู„ู†َّูˆุงูู„ِ، ุฃุดุฏَّ ู…ุนุงู‡ุฏุฉً ู…ู†ู‡، ุนู„ู‰ ุฑูƒุนุชَูŠู†ِ ู‚ุจู„َ ุงู„ุตุจุญِ

“Tidak ada ibadah sunah yang paling Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam jaga (rutinkan) selain dua rakaat sebelum Subuh” (Muslim, no. 724).

Kenapa dua rakaat sebelum Subuh dikatakan lebih baik daripada dunia beserta isinya? 

Al-‘Allamah ‘Abdurrahman al-Mubarakfuri rahimahullah mengatakan,

ู‚ุงู„ ุงู„ุดุงู‡ ูˆู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฏู‡ู„ูˆูŠ ููŠ ุญุฌุฉ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุจุงู„ุบุฉ ุฅู†ู…ุง ูƒุงู†ุชุง ุฎูŠุฑุง ู…ู†ู‡ุง؛ ู„ุฃู† ุงู„ุฏู†ูŠุง ูุงู†ูŠุฉ ูˆู†ุนูŠู…ู‡ุง ู„ุง ูŠุฎู„ูˆ ุนู† ูƒุฏุฑ ุงู„ู†ุตุจ ูˆุงู„ุชุนุจ، ูˆุซูˆุงุจู‡ู…ุง ุจุงู‚ ุบูŠุฑ ูƒุฏุฑ

“Syah Waliyullah al-Dahlawi mengatakan, hanya saja dua rakaat sebelum Subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya karena dunia serta kenikmatannya itu fana, tidak lepas dari rasa letih dan lelah. Adapun pahala dua rakaat sebelum Subuh tetap dan tidak luntur.”

(Tuhfah al-Ahwadzi, Jilid 2, hlm. 388).

Al-‘Allamah Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

ุงู„ุฏู†ูŠุง ู…ู†ุฐ ุฎู„ู‚ุช ุฅู„ู‰ ู‚ูŠุงู… ุงู„ุณุงุนุฉ ุจู…ุง ููŠู‡ุง ู…ู† ูƒู„ ุงู„ุฒุฎุงุฑู ู…ู† ุฐู‡ุจ ูˆูุถุฉ ูˆู…ุชุงุน ูˆู‚ุตูˆุฑ ูˆู…ุฑุงูƒุจ ูˆุบูŠุฑ ุฐู„ูƒ، ู‡ุงุชุงู† ุงู„ุฑูƒุนุชุงู† ุฎูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆู…ุง ููŠู‡ุง؛ ู„ุฃู† ู‡ุงุชูŠู† ุงู„ุฑูƒุนุชูŠู† ุจุงู‚ูŠุชุงู† ูˆุงู„ุฏู†ูŠุง ุฒุงุฆู„ุฉ

“Dunia sejak diciptakan hingga hari kiamat dengan segala bentuk perhiasan di dalamnya, entah berupa emas, perak, perhiasan, istana, kendaraan atau yang lainnya, maka dua rakaat sebelum Subuh lebih baik daripada dunia beserta isinya tersebut. Hal itu karena dua rakaat ini (pahalanya) tetap, sedangkan dunia pasti akan sirna” (Al-Syarh al-Mumti‘, Jilid 4, hlm. 70).

Beliau juga mengatakan,

ุณู†ุฉ ุงู„ูุฌุฑ ุงู„ุฑุงุชุจุฉ ุฎูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆู…ุง ููŠู‡ุง، ุงู„ุฏู†ูŠุง ู…ู† ุฃูˆู„ู‡ุง ุฅู„ู‰ ุขุฎุฑู‡ุง ุจู…ู„ูˆูƒู‡ุง ูˆุฑุคุณุงุฆู‡ุง ูˆุฒุฎุงุฑูู‡ุง (ุฑูƒุนุชุง ุงู„ูุฌุฑ ุฎูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆู…ุง ููŠู‡ุง) ูˆุงู„ู„ู‡ ู†ุนู… ูŠุง ุฅุฎูˆุงู†، ู†ุนู…، ู†ุนู…! ูŠุนู†ูŠ: ุฃู†ุช ุฅุฐุง ุตู„ูŠุช ุฑุงุชุจุฉ ุงู„ูุฌุฑ ูƒุฃู†ู…ุง ุงู„ุฏู†ูŠุง ูƒู„ู‡ุง ู…ู† ุฃูˆู„ู‡ุง ุฅู„ู‰ ุขุฎุฑู‡ุง ู‚ุฏ ุญุตู„ุช ุนู„ูŠู‡ุง، ุจู„ ุญุตู„ุช ุนู„ู‰ ุฎูŠุฑ ู…ู†ู‡ุง (ุฑูƒุนุชุง ุงู„ูุฌุฑุฎูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆู…ุง ููŠู‡ุง)

“Salat sunah sebelum Subuh lebih baik daripada dunia beserta isinya dari awal sampai akhirnya; kerajaan-kerajaannya, pemimpin-pemimpinnya, dan segala perhiasannya. ‘Dua rakaat sebelum Subuh lebih baik daripada dunia beserta isinya,’ yakni apabila engkau salat sunah sebelum Subuh, seakan-akan dunia semuanya dari awal hingga akhir sungguh telah engkau dapatkan. Bahkan, engkau telah mendapatkan yang lebih baik daripada itu semua” (Al-Liqa’ al-Syahri, Jilid 52, hlm. 23).

Hukum

Terjadi perbedaan pendapat tentang hukum salat dua rakaat sebelum Subuh. 

Namun, pendapat yang paling kuat adalah sunah muakadah karena tidak ada pengharusan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, wallahu a’lam. 

Inilah pendapat jumhur ulama. Al-Imam al-Nawawi rahimahullah berkata,

ูˆุฃู†ู‡ู…ุง ุณู†ุฉ ู„ูŠุณุชุง ูˆุงุฌุจู†ูŠู† ูˆุจู‡ ู‚ุงู„ ุฌู…ู‡ูˆุฑ ุงู„ุนู„ู…ุงุก

“Dua rakaat tersebut hukumnya sunah, tidak wajib. Inilah pendapat jumhur ulama” (Syarh Shahih Muslim, Jilid 6, hlm. 4).

Hukumnya Ketika Safar

Disunahkan bagi setiap muslim untuk selalu mengerjakan salat sunah sebelum Subuh ini, baik dalam keadaan safar maupun mukim, karena di antara salat yang selalu dijaga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah dua rakaat sebelum Subuh. Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,

ูˆูƒุงู† ู…ู† ู‡ุฏูŠู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŠุณูุฑู‡ ุงู„ุงู‚ุชุตุงุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ูุฑุถ، ูˆู„ู… ูŠุญูุธ ุนู†ู‡ ุฃู†ู‡ ุตู„ู‰ ุณู†ุฉ ุงู„ุตู„ุงุฉ ู‚ุจู„ู‡ุง ูˆู„ุง ุจุนุฏู‡ุง ุฅู„ุง ู…ุง ูƒุงู† ู…ู† ุงู„ูˆุชุฑ، ูˆุณู†ุฉ ุงู„ูุฌุฑ ูุฅู†ู‡ ู„ู… ูŠูƒู† ู„ูŠุฏุนู‡ู…ุง ุญุถุฑุง ูˆู„ุง ุณูุฑุง

“Termasuk petunjuk beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika safar adalah mencukupkan salat fardu (tidak mengerjakan salat rawatib). Tidak terdapat riwayat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau mengerjakan salat sunah sebelum dan sesudahnya kecuali salat witir serta dua rakaat sebelum Subuh. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya, baik dalam safar maupun mukim” (Zad al-Ma’ad, Jilid 1, hlm. 456).

Syekh ‘Abdul‘aziz bin Baz rahimahullah tatkala ditanya tentang mengerjakan salat sunah rawatib ketika safar menjelaskan,

ุงู„ุฃูˆู„ู‰ ุชุฑูƒู‡ุง ููŠ ุงู„ุณูุฑ ุฅู„ุง ุณู†ุฉ ุงู„ูุฌุฑ ุชุฃุณูŠุง ุจุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…، ููŠุตู„ูŠ ุณู†ุฉ ุงู„ูุฌุฑ ู…ุนู‡ุง، ุฃู…ุง ุณู†ุฉ ุงู„ุธู‡ุฑ ูˆุงู„ู…ุบุฑุจ ูˆุงู„ุนุดุงุก ูˆุงู„ุนุตุฑ ุฃูุถู„ ุชุฑูƒู‡ุง ู„ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุฎูู ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณุงูุฑ ู†ุตู ุงู„ุตู„ุงุฉ، ููŠุชุฑูƒ ุงู„ุชุทูˆุนุงุช ุงู„ุชูŠ ู…ุน ุงู„ูุฑูŠุถุฉ، ุฃู…ุง ูƒูˆู†ู‡ ูŠุตู„ูŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุถุญู‰ ุฃูˆ ุณู†ุฉ ุงู„ูˆุถูˆุก ุฃูˆ ุงู„ุชู‡ุฌุฏ ุจุงู„ู„ูŠู„، ูู‡ุฐุง ุจุงู‚ ูŠูุนู„ู‡ ุงู„ู…ุณุงูุฑ ูˆุบูŠุฑู‡، ูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠุชู‡ุฌุฏ ู…ู† ุงู„ู„ูŠู„، ูŠุตู„ูŠ ุงู„ุถุญู‰ ูˆู‡ูˆ ู…ุณุงูุฑ ู„ูƒู† ุณู†ุฉ ุงู„ุธู‡ุฑ ุงู„ู‚ุจู„ูŠุฉ ูˆุงู„ุจุนุฏูŠุฉ، ูˆุณู†ุฉ ุงู„ุนุตุฑ ู‚ุจู„ู‡ุง، ูˆุณู†ุฉ ุงู„ู…ุบุฑุจ ุจุนุฏู‡ุง، ูˆุณู†ุฉ ุงู„ุนุดุงุก ุจุนุฏู‡ุง ุงู„ุฃูุถู„ ุชุฑูƒู‡ุง ููŠ ุงู„ุณูุฑ

“Yang lebih utama adalah tidak mengerjakan salat sunah rawatib kecuali dua rakaat sebelum Subuh karena mencontoh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Adapun salat sunah Zuhur, Maghrib, Isya, dan Asar, yang lebih utama adalah ditinggalkan karena Allah meringankan bagi musafir setengah salat. Karena itu, salat-salat sunah yang mengiringi salat wajib ditinggalkan. Adapun salat duha, sunah wudu, atau tahajud, tetap dilakukan musafir dan yang bukan musafir karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam salat tahajud dan salat duha dalam keadaan beliau musafir. Adapun salat sunah Zuhur qabliyah dan ba‘diyah, salat qabliyah Asar, ba‘diyah Maghrib, serta ba‘diyah Isya, yang lebih utama adalah tidak dikerjakan ketika safar” (Fatawa Nur ‘ala al-Darb, Jilid 10, hlm. 381).

Sifat

Dua rakaat ini tidak sulit untuk dikerjakan. Yang sesuai dengan sunah adalah dikerjakan dengan dua rakaat ringan dan tidak panjang. Dari Hafshah radhiyallahu ‘anha berkata,

ูƒุงู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฅุฐุง ุทู„ุน ุงู„ูุฌุฑ ู„ุง ูŠุตู„ูŠ ุฅู„ุง ุฑูƒุนุชูŠู† ุฎููŠูุชูŠู†

“Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila waktu fajar telah terbit, tidaklah beliau mengerjakan salat melainkan dua rakaat ringan sebelum Subuh” (Muslim, no. 723).

Al-Imam al-Nawawi rahimahullah menjelaskan,

ูŠุณู† ุชุฎููŠู ุณู†ุฉ ุงู„ุตุจุญ ูˆุฃู†ู‡ู…ุง ุฑูƒุนุชุงู†

“Disunahkan meringankan salat sunah Subuh dan bilangannya adalah dua rakaat” (Syarh Shahih Muslim, Jilid 6, hlm. 2).

Meskipun sifatnya dua rakaat ringan, tidak boleh dikerjakan dengan tergesa-gesa dan harus tetap menjaga thuma’ninah karena itu merupakan keharusan dan termasuk dari rukun salat. 

Apa itu thuma’ninah? Syekh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

ุงู„ู…ุญุงูุธุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุทู…ุฃู†ูŠู†ุฉ ุฑูƒู† ู…ู† ุฃุฑูƒุงู† ุงู„ุตู„ุงุฉ

“Menjaga thuma’ninah termasuk rukun dari rukun-rukun salat” (Majmu‘ Fatawa, Jilid 15, hlm. 155).

Beliau juga mengatakan,

ุงู„ุทู…ุฃู†ูŠู†ุฉ ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุงู„ูู‚ู‡ุงุก: ุงู„ุณูƒูˆู† ูˆุฅู† ู‚ู„

“Thuma’ninah sebagaimana kata fukaha adalah sifat tenang walaupun dalam waktu yang sebentar (berhenti dan diam walaupun sejenak–pen)” (Fath Dzi al-Jalali wa al-Ikram, Jilid 2, hlm. 13).

Surah Yabg Dibaca

Setelah bacaan al-Fatihah disunahkan membaca beberapa surah sebagai berikut.

Surah al-Kafirun di rakaat pertama dan al-Ikhlas di rakaat kedua berdasarkan hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

ุฃู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุฑุฃ ููŠ ุฑูƒุนุชูŠ ุงู„ูุฌุฑ

(ู‚ู„ ูŠุงุฃูŠู‡ุง ุงู„ูƒุงูุฑูˆู†)

(ู‚ู„ ู‡ูˆ ุงู„ู„ู‡ ุฃุญุฏ)

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca surah qul ya ayyuhal kafirun dan qul huwallahu ahad di dua rakaat sebelum Subuh” (Muslim, no. 726).

Surah al-Baqarah ayat ke-136 di rakaat pertama dan surah Ali ‘Imran ayat ke-52 di rakaat kedua berdasarkan hadis dari ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma.

ุฃู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠู‚ุฑุฃ ููŠ ุฑูƒุนุชูŠ ุงู„ูุฌุฑ ููŠ ุงู„ุฃูˆู„ู‰ ู…ู†ู‡ู…ุง

(ู‚ูˆู„ูˆุง ุขู…ู†ุง ุจุงู„ู„ู‡ ูˆู…ุง ุฃู†ุฒู„ ุฅู„ูŠู†ุง)

ุงู„ุขูŠุฉ ุงู„ุชูŠ ููŠ ุงู„ุจู‚ุฑุฉ ูˆููŠ ุงู„ุขุฎุฑุฉ ู…ู†ู‡ู…ุง

(ุขู…ู†ุง ุจุงู„ู„ู‡ ูˆุงุดู‡ุฏ ุจุฃู†ุง ู…ุณู„ู…ูˆู†)

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dua rakaat sebelum Subuh membaca qulu amanna billah wa ma unzila ilaina, yaitu ayat yang terdapat di dalam surah al-Baqarah; dan di rakaat yang kedua amanna billahi wasyhad bianna muslimun” (Muslim, no. 727).

Surah al-Baqarah ayat ke-136 di rakaat pertama dan surah Ali ‘Imran ayat ke-64 di rakaat kedua berdasarkan hadis dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma.

ูƒุงู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠู‚ุฑุฃ ููŠ ุฑูƒุนุชูŠ ุงู„ูุฌุฑ

(ู‚ูˆู„ูˆุง ุขู…ู†ุง ุจุงู„ู„ู‡ ูˆู…ุง ุฃู†ุฒู„ ุฅู„ูŠู†ุง)

ูˆุงู„ุชูŠ ููŠ ุขู„ ุนู…ุฑุงู†

(ุชุนุงู„ูˆุง ุฅู„ู‰ ูƒู„ู…ุฉ ุณูˆุงุก ุจูŠู†ู†ุง ูˆุจูŠู†ูƒู…)

“Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca di dua rakaat sebelum Subuh quluu amanna billahi wama unzila ilaina dan ayat yang ada pada surah Ali ‘Imran ta’alau ila kalimatin sawa’in bainana wa bainakum” (Muslim, no 727).

Yang sunah adalah dia meragamkan bacaannya, terkadang membaca ayat ini dan terkadang ayat ini sesuai yang disunahkan tersebut. Al-‘Allamah Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

ุฅู† ุงู„ุฃูุถู„ ุฃู† ูŠูุนู„ ู‡ุฐุง ุชุงุฑุฉ ูˆู‡ุฐุง ุชุงุฑุฉ ู„ูŠุฃุชูŠ ุจุงู„ุณู†ุฉ ุนู„ู‰ ูˆุฌูˆู‡ู‡ุง ุงู„ูˆุงุฑุฏุฉ

“Sesungguhnya yang afdal adalah terkadang dia melakukan ini dan terkadang melakukan ini agar dapat mengamalkan semua sunah yang datang (tentang bacaan tersebut)” (Fatawa Nur ’ala al-Darb, Jilid 8, hlm. 2).

Namun, jika waktu sempit karena sudah mendekati ikamah, tidak mengapa mencukupkan dengan bacaan al-Fatihah saja. Syekh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

ู„ุง ุญุฑุฌ ุฃู† ุชู‚ุชุตุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ูุงุชุญุฉ ููŠ ุฑูƒุนุชูŠ ุงู„ูุฌุฑ

“Tidak mengapa mencukupkan dengan al-Fatihah saja pada dua rakaat sebelum Subuh” (Majmu‘ Fatawa, Jilid 13, hlm. 155).

Tatkala Bangun Kesiangan

Dalam hal ini Syekh ‘Abdul‘aziz bin Baz rahimahullah menjelaskan,

ุฅู† ูุงุชุชู‡ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุณู†ุฉ ุจุฃู† ู†ุงู… ู…ุซู„ุง ูˆู„ู… ูŠุณุชูŠู‚ุธ ุฅู„ุง ุจุนุฏ ุทู„ูˆุน ุงู„ูุฌุฑ ูุฅู†ู‡ ูŠุจุฏุฃุจุณู†ุฉ ุงู„ูุฌุฑ ุซู… ูŠุตู„ูŠ ุงู„ูุฑูŠุถุฉ ูƒู…ุง ูุนู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ู…ุง ู†ุงู… ู‡ูˆ ูˆุฃุตุญุงุจู‡ ููŠ ุจุนุถ ุงู„ุฃุณูุงุฑ ุนู† ุตู„ุงุฉ ุงู„ูุฌุฑ

“Jika sunah ini terluputkan bagi seseorang pada waktunya, misal karena tertidur, tidaklah dia bangun kecuali setelah fajar terbit, maka yang semestinya dia lakukan adalah memulai dengan salat sunah Subuh kemudian salat wajib, sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tatkala tertidur dari salat Subuh bersama para sahabatnya dalam sebagian safarnya” (Majmu‘ Fatawa, Jilid 11, hlm. 377).

Hukum Menggodanya

Tatkala seseorang terluputkan untuk melaksanakan salat sunah sebelum Subuh karena sudah didahului ikamah, maka boleh bagi seseorang mengqada salat sunah rawatib secara umum, selama dia meninggalkannya karena uzur. Syekh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

ู…ู† ูุงุชู‡ ุดูŠุก ู…ู† ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฑูˆุงุชุจ، ูุฅู†ู‡ ูŠุณู† ู„ู‡ ู‚ุถุงุคู‡، ุจุดุฑุท ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุงู„ููˆุงุช ู„ุนุฐุฑ ูƒุงุงู„ู†ุณูŠุงู† ูˆุงู„ู†ูˆู… ูˆุงู„ุงู†ุดุบุงู„ ุจู…ุง ู‡ูˆ ุฃู‡ู…

“Barang siapa yang terluputkan sesuatu dari sunah-sunah rawatib ini, maka disunahkan untuk diqada dengan syarat luput karena uzur, seperti lupa, tertidur, atau tersibukkan dengan urusan yang lebih penting” (Al-Syarh al-Mumti‘, Jilid 4, hlm. 72–73).

Adapun jika dia meninggalkannya dengan sengaja, maka tidak sah jika diqada. Beliau kembali menjelaskan,

ุฃู…ุง ุฅุฐุง ุชุฑูƒู‡ุง ุนู…ุฏุง ุญุชู‰ ูุงุช ูˆู‚ุชู‡ุง ูุฅู†ู‡ ู„ุง ูŠู‚ุถูŠู‡ุง ูˆู„ูˆ ู‚ุถุงู‡ุง ู„ู… ุชุตุญ ู…ู†ู‡ ุฑุงุชุจุฉ ูˆุฐู„ูƒ ู„ุฃู† ุงู„ุฑูˆุงุชุจ ุนุจุงุฏุงุช ู…ุคู‚ุชุฉ ูˆุงู„ุนุจุงุฏุงุช ุงู„ู…ุคู‚ุชุฉ ุฅุฐุง ุชุนู…ุฏ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุฅุฎุฑุงุฌู‡ุง ุนู† ูˆู‚ุชู‡ุง ู„ู… ุชู‚ุจู„ ู…ู†ู‡ ูˆุฏู„ูŠู„ ุฐู„ูƒ ู…ู† ุนู…ู„ ุนู…ู„ุง ู„ูŠุณ ุนู„ูŠู‡ ุฃู…ุฑู†ุง ูู‡ูˆ ุฑุฏ

“Adapun jika dia meninggalkannya dengan sengaja sampai terluput waktunya, maka hendaknya tidak dia qada. Jika dia lakukan, maka tidak sah karena salat rawatib adalah ibadah yang ditentukan waktunya. Jika seseorang sengaja meninggalkannya sampai keluar dari waktunya, maka tidak akan diterima. Yang menjadi landasan dalam hal ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Barang siapa melakukan amalan yang tidak ada contoh dari kami, maka tertolak'” (Al-Syarh al-Mumti‘, Jilid 4, hlm. 73).

Waktu Qada

Dalam hal ini terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ibnu Qudamah menyebutkan bahwa al-Imam Ahmad berpendapat, diqada pada waktu duha. 

Jika dikerjakan langsung setelah Subuh, maka sah. Adapun Atha’, Ibnu Juraij, dan al-Imam al-Syafi’i berpendapat diqada setelah Subuh, sementara al-Imam Abu Hanifah berpendapat tidak diqada setelah subuh” (Al-Mughni, Jilid 2, hlm. 89).

Pendapat yang kuat adalah pendapat al-Imam Ahmad rahimahullah bahwa yang afdal adalah dikerjakan pada waktu tatkala matahari telah terbit, yaitu pada waktu duha. 

Hal itu berdasarkan hadis sahih dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ู…ู† ู„ู… ูŠุตู„ ุฑูƒุนุชูŠ ุงู„ูุฌุฑ ูู„ูŠุตู„ู‡ู…ุง ุจุนุฏ ู…ุง ุชุทู„ุน ุงู„ุดู…ุณ

“Barang siapa yang belum mengerjakan dua rakaat sebelum subuh, hendaknya dilakukan setelah matahari terbit” (Al-Tirmidzi; Ibnu Khuzaimah; Ibnu Hibban; dan yang lainnya; disahihkan oleh Syekh al-Albani dalam al-Shahihah, no 2.361).

Jika dilakukan langsung setelah salat Subuh pun boleh meskipun pada waktu terlarang karena telah disebutkan di dalam hadis.

ุฑุฃَู‰ ุฑุณูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนู„ูŠู‡ِ ูˆุณู„َّู…َ ุฑุฌู„ًุง ูŠุตู„ِّูŠ ุจุนุฏَ ุงู„ุบุฏุงุฉِ ูู‚ุงู„َ ูŠุง ุฑุณูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ู„ู… ุฃูƒُู†ْ ุตู„َّูŠุชُ ุฑูƒุนุชูŠِ ุงู„ูุฌุฑِูุตู„َّูŠุชُู‡ู…ุง ุงู„ุขู†َ ูู„ู… ูŠู‚ُู„ ุดูŠุฆًุง

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat seorang laki-laki salat setelah salat Subuh, maka dia berkata, ‘Wahai Rasulullah, aku belum sempat mengerjakan salat dua rakaat sebelum Subuh, maka aku kerjakan sekarang.’ Nabi tidak mengatakan sesuatu pun” (Ahmad, no. 23.760; al-Tirmidzi, no. 422; dan Abu Dawud, no. 1.267).

Al-Imam al-Syaukani rahimahullah menguatkan hadis ini setelah menyebutkan beberapa riwayat. Beliau berkata,

ู‚ุงู„ ุงู„ุนุฑุงู‚ูŠ ูˆุฅุณู†ุงุฏู‡ ุญุณู† ูˆูŠุญุชู…ู„ ุฃู† ุงู„ุฑุฌู„ ู‡ูˆ ู‚ูŠุณ ุงู„ู…ุชู‚ุฏู…

“Al-‘Iraqi mengatakan sanad hadis ini hasan (dengan dikumpulkan jalan-jalannya) dan kemungkinan (besar) laki-laki ini adalah Qais bin ‘Amr bin Sahl radhiyallahu ‘anhu” (Nail al-Authar, Jilid 3, hlm. 33).

Al-‘Allamah ‘Abdurrahman al-Mubarakfuri rahimahullah mengatakan,

ูˆู‚ุฏ ุซุจุช ู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ

“Sungguh telah tetap (sanad) hadis ini” (Tuhfah al-Ahwadzi, Jilid 2, hlm. 403).

Al-Imam Ibnu Qudamah rahimahullah berkata,

 ูˆุณูƒูˆุช ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠุฏู„ ุนู„ู‰ ุงู„ุฌูˆุงุฒ، ูˆู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุถู‰ ุณู†ุฉ ุงู„ุธู‡ุฑ ุจุนุฏ ุงู„ุนุตุฑ

“Diamnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang hal ini menunjukkan bahwa perbuatan ini dibolehkan karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengqada salat sunah Zuhur setelah Asar (ketika itu beliau tersibukkan dengan tamu–pen)” (Al-Mughni, Jilid 2, hlm. 89).

Namun, jika dikerjakan pada waktu duha, itulah yang afdal keluar dari khilaf. Ibnu Qudamah rahimahullah mengatakan,

ูˆุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ุฃู…ุฑ ู‡ูƒุฐุง ูƒุงู† ุชุฃุฎูŠุฑู‡ุง ุฅู„ู‰ ูˆู‚ุช ุงู„ุถุญู‰ ุฃุญุณู† ู„ู†ุฎุฑุฌ ู…ู† ุงู„ุฎู„ุงู ูˆู„ุง ู†ุฎุงู„ู ุนู…ูˆู… ุงู„ุญุฏูŠุซ ูˆุฅู† ูุนู„ู‡ุง ูู‡ูˆ ุฌุงุฆุฒ

“Jika dia mengerjakannya pada waktu duha, niscaya lebih baik agar keluar dari perselisihan dan tidak menyelisihi dalil-dalil umum (yang melarang salat setelah subuh sampai matahari terbit). Jika dia kerjakan setelah Subuh, maka tidak mengapa” (Al-Mughni, Jilid 2, hlm. 89).

Al-‘Allamah Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah menjelaskan tentang hal ini,

ู‚ุถุงุก ุณู†ุฉ ุงู„ูุฌุฑ ุจุนุฏ ุตู„ุงุฉ ุงู„ูุฌุฑ ู„ุง ุจุฃุณ ุจู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู‚ูˆู„ ุงู„ุฑุงุฌุญ. ูˆู„ุง ูŠุนุงุฑุถ ุฐู„ูƒ ุญุฏูŠุซ ุงู„ู†ู‡ูŠ ุนู† ุงู„ุตู„ุงุฉ ุจุนุฏ ุตู„ุงุฉ ุงู„ูุฌุฑ؛ ู„ุฃู† ุงู„ู…ู†ู‡ูŠ ุนู†ู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุงู„ุชูŠ ู„ุง ุณุจุจ ู„ู‡ุง. ูˆู„ูƒู† ุฅู† ุฃุฎุฑ ู‚ุถุงุกู‡ุง ุฅู„ู‰ ุงู„ุถุญู‰ ูˆู„ู… ูŠุฎุด ู…ู† ู†ุณูŠุงู†ู‡ุง، ุฃูˆ ุงู„ุงู†ุดุบุงู„ ุนู†ู‡ุง ูู‡ูˆ ุฃูˆู„ู‰

“Tidak mengapa mengqada salat sunah Subuh setelah salat Subuh menurut pendapat yang kuat. Hal ini tidak bertentangan dengan hadis larangan salat setelah salat Subuh karena larangan tersebut berlaku bagi salat yang tidak ada sebabnya. Akan tetapi, jika dia akhirkan sampai waktu duha dan tidak khawatir terlupakan serta tersibukkan dengan yang lainnya, hal ini lebih utama” (Majmu‘ Fatawa, Jilid 14, hlm. 280).

Oleh: Abu Fudhail Abdurrahman Ibnu Umar ุบูุฑ ุงู„ุฑุญู…ู† ู„ู‡.

0 Response to "Tentang Dua Rakaat Sebelum Subuh"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak