HUKUM MENGATAKAN KEPADA ISTERI: KAMU SEPERTI SAUDARIKU TANPA MAKSUD MENGHARAMKANNYA
Bismillâhirrahmânirrahîm. Puji dan syukur kepada Allah subhânahu wata’âla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.
Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.
HUKUM MENGATAKAN KEPADA ISTERI: KAMU SEPERTI SAUDARIKU TANPA MAKSUD MENGHARAMKANNYA
Pertanyaan :
أحد الإخوة سوداني أيضاً بعث يسأل ويقول : رجل قال لزوجته : أنت مثل أختي وهو لا يقصد في ذلك عدم المعاشرة الزوجية ، هل يخرج بدل الإطعام نقداً أم لا؟ نرجو أن تفيدونا هذا جزاكم الله خيراً.
Penanya dari Sudan mengatakan: Seseorang berkata kepada isterinya: kamu seperti saudariku, dia tidak bermaksud di dalam hal itu tidak mempergaulinya (berhubungan badan dengannya), apakah dia mengeluarkan uang sebagai pengganti memberikan makan (bayar kaffarah) atau tidak), ..... jazakumullahu khoiran.
Jawab:
هذا يختلف بحسب نيته ، إن كان قال لزوجته : أنت مثل أختي أو مثل أمي من باب #الاحترام ، من باب #الإكرام ، من باب يعني : #التقدير لها فهذا ليس بحرام وليس عليه شيء ، #لكن ترك هذا أولى ينبغي تركه ؛ لأنه يوهم ، ينبغي أن لا يستعمل هذا معها
Ini berbeda-beda tergantung niatnya, jika dia berkata kepada isterinya: kamu seperti saudariku atau seperti ibuku dalam rangka menghormati dan memuliakannya maka ini tidak haram dan tidak ada kewajiban kaffarah atasnya, namun tidak melakukannya adalah lebih utama, sepatutnya tidak melakukannya, karena ia dapat membuat persangkaan salah, sepatutnya dia tidak menggunakannya kepadanya.
أما إن كان #أراد تحريمها ، يعني : أنها محرمة مثل أخته ، أو أنها محرمة كأمه ، أو كبنته هذا هو الظهار المعروف وعليه كفارة الظهار وهي مرتبة بنص القرآن :
Adapun jika dia bermaksud mengharamkannya, yakni bahwa isterinya diharamkan seperti saudarinya atau seperti ibunya atau seperti puterinya, inilah zhihar yang makruf dan wajib atasnya membayar kaffarah zhihar, dan itu tertib berdasarkan nas al-quran.
أولاً عتق رقبة مؤمنة ، فإن عجز صام شهرين متتابعين ، فإن عجز أطعم ستين مسكينًا ، ما فيها نقود ، ستين مسكين طعام يعشيهم أو يغديهم أو يدفع لهم طعامًا نيئًا نصف صاع لكل واحد ثلاثين صاعاً من الحنطة ، من البر ، من الشعير ، من قوت البلد من التمر ، ويكفي ذلك حتى يمسها بعد ذلك ، يعني : لا يمسها حتى يدفع عليه الكفارة ، أما النقود فلا تصلح. نعم.
Pertama: membebaskan hamba sahaya wanita mukminah, jika dia tidak sanggup maka dia berpuasa dua bulan berturut-turut, jika dia tidak sanggup maka dia memberi makan kepada enam puluh orang miskin, tidak diuangkan, memberi mereka makan malam atau makan siang atau memberi mereka makanan mentah beserta lauk setengah sha' untuk setiap orang yakni 30 sha' dari jenis hinthah, bur, dan sya'ir (baca: jenis-jenis gandum) dan dari jenis makanan pokok penduduk suatu negeri berupa kurma, dan itu cukup hingga dia menyentuhnya (berhubungan badan dengan isterinya) setelah itu, yakni dia tidak menyentuhnya hingga dia membayar kaffarah, adapun uang maka tidak boleh.....
https://binbaz.org.sa/fatwas/7486/حكم-من-قال-لزوجته-أنت-مثل-أختي-دون-قصد-تحريمها
Jadilah Bermanfaat Sallam Bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.
0 Response to "HUKUM MENGATAKAN KEPADA ISTERI: KAMU SEPERTI SAUDARIKU TANPA MAKSUD MENGHARAMKANNYA "
Posting Komentar
Silahkan Berkomentar Dengan Bijak