Doa-Doa Ketika Safar

Doa-Doa Ketika Safar

Berikut beberapa doa yang dapat dibaca ketika melakukan safar atau bepergian:

Doa Sebelum Berangkat:

1. Doa memohon kelancaran perjalanan:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَعْلَمُ وَلا أَعْلَمُ وَتَقْدِرُ وَلا أَقْدِرُ وَأَنْتَ الْعَلِيمُ الْخَبِيرُ اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ هَذَا السَّفَرُ خَيْرًا لِي فَيَسِّرْهُ لِي وَبارِكْ لِي فِيهِ وَإِنْ كَانَ شَرًّا لِي فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْ عَنِّي شَرَّهُ وَاقْدِرْ لِي الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِي بِهِ

Latin:

Bismillahirrahmanirrahim.

Allahumma inni astakhiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as'aluka min fadlika al-'azhim, fa innaka ta'lamu wala a'lamu wa taqdiru wala aqdiru wa anta al-'alimul khabiir. Allahumma in kana haza al-safaru khairan li fayassirhu li wa barik li fihi wa in kana syarran li fasrifahu 'anni wa asrifa 'anni syarrahu wa aqdir li al-khairu haitsu kana summaraḍḍini bihi.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon petunjuk-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuatan-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian dari karunia-Mu yang agung. Sesungguhnya Engkau mengetahui dan aku tidak mengetahui, Engkau berkuasa dan aku tidak berkuasa, dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Teliti. Ya Allah, jika perjalanan ini baik bagiku, maka mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalamnya. Dan jika perjalanan ini buruk bagiku, maka jauhkanlah dariku dan jauhkanlah keburukannya dariku. Dan tetapkanlah bagiku kebaikan di mana pun ia berada, kemudian ridhakanlah aku dengannya."

2. Doa memohon perlindungan Allah:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Latin:

Bismillahirrahmanirrahim.

Allahumma inni a'udzu bika min syarri al-safari wa ka'abatil manzhari wa su'i al-munqalabi fil maali wa al-ahli.

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perjalanan, pemandangan yang menyedihkan, dan keburukan kembali dalam harta dan keluarga."

Doa Ketika Dalam Perjalanan:

1. Doa ketika naik kendaraan:

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Latin:

Bismillahi majrahaa wa mursaahaa inna rabbi laghofuurur rahiim.

Artinya:

"Dengan nama Allah keberangkatan dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

2. Doa ketika melihat pemandangan indah:

سُبْحَانَ اللَّه

0 Response to "Doa-Doa Ketika Safar"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak