HANYA RIDHO ALLAH YANG DIHARAPKAN

“Aku heran melihat orang yang bersikap pura-pura dihadapan orang lain dengan tujuan agar mendapatkan simpati di hati mereka serta melupakan bahwa hati mereka semuanya ada di tangan Allah.”

Sumber: Shaidul Khathir (hal. 697)

Pernyataan dari Shaidul Khathir ini mengingatkan kita bahwa berpura-pura demi mendapatkan simpati manusia adalah tindakan yang sia-sia. 

Hati manusia dapat tertipu, tetapi hati Allah Subhanahu wata'ala tidak. Berikut beberapa alasan mengapa berpura-pura untuk mendapatkan simpati adalah perbuatan yang sia-sia:

1. Tidak Tulus:

Berpura-pura untuk mendapatkan simpati adalah tindakan yang tidak tulus. Kita tidak menunjukkan diri kita yang sebenarnya dan berusaha menipu orang lain demi mendapatkan keuntungan pribadi.

2. Merusak Kepercayaan:

Ketika orang lain mengetahui bahwa kita berpura-pura, kepercayaan mereka terhadap kita akan runtuh. Hal ini dapat merusak hubungan dan membuat kita sulit untuk mendapatkan kepercayaan kembali.

3. Tidak Menyenangkan Allah Subhanahu wata'ala:

Allah SWT mengetahui isi hati setiap manusia. Berpura-pura untuk mendapatkan simpati manusia berarti kita tidak menghargai kemahakuasaan Allah Subhanahu wata'ala.

4. Tidak Membawa Kebahagiaan Sejati:

Kebahagiaan yang diperoleh dari simpati orang lain adalah kebahagiaan yang semu. Kebahagiaan sejati datang dari dalam diri sendiri dan dari hubungan yang tulus dengan Allah SWT dan manusia.

Sebagai gantinya:

  • Jujurlah pada Diri Sendiri: Terimalah diri kita dengan segala kekurangan dan kelebihannya.
  • Bangun Kepercayaan: Tunjukkan diri kita yang sebenarnya dan perlakukan orang lain dengan tulus.
  • Bersyukur atas Apa yang Dimiliki: Jangan iri dengan apa yang dimiliki orang lain dan fokuslah pada apa yang kita miliki.
  • Mencari Kebahagiaan dari Allah Subhanahu wata'ala: Dekatkan diri kepada Allah Subhanahu wata'ala dan lakukanlah amalan-amalan yang shaleh.

Dengan bersikap tulus dan apa adanya, kita dapat membangun hubungan yang positif dengan Allah Subhanahu wata'ala dan manusia. Kita juga dapat menemukan kebahagiaan sejati dalam hidup.

0 Response to "HANYA RIDHO ALLAH YANG DIHARAPKAN"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak