Hilang Rasa Takut Kepada Allah


Sebagian Orang "Merasa" Sudah Banyak beramal dan sudah banyak berbuat baik, merasa Sudah Bertakwa, merasa dirinya Suci sehingga ia pun merasa Allah tidak mungkin Mengazabnya. Hilang darinya rasa "takut" kepada Allah 'Azza wa Jalla.


Allah 'Azza wa Jalla berfirman :
"Maka apakah mereka merasa aman dari adzab Allah (yang tidak terduga-duga) !!? Tiada yang merasa 'Aman' dari adzab Allah, Kecuali Orang-Orang Yang MERUGI" (QS. Al-A’raf [7]: 99)

Ayat ini Menakut-nakuti supaya seorang hamba itu "Tidak pernah" Merasa AMAN Dengan "Keimanan" yang Dimilikinya. Akan tetapi dia senantiasa takut dan khawatir apabila dirinya "Didera" Ujian yang dapat MELEMAHKAN IMANNYA dan tidak ada kepastian bahwa dia itu akan SELAMAT.

Al-Hasan Al-Bashri ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata :

ุงู„ู…ุคู…ู† ูŠุนู…ู„ ุจุงู„ุทุงุนุงุช ูˆู‡ูˆ ู…ُุดْูِู‚ ูˆَุฌِู„ ุฎุงุฆู، ูˆุงู„ูุงุฌุฑ ูŠุนู…ู„ ุจุงู„ู…ุนุงุตูŠ ูˆู‡ูˆ ุขู…ู†

"Seorang MUKMIN" Melakukan Berbagai amal ketaatan, tetapi ia tetap takut (akan Siksaan Allah). Sedangkan "ahli maksiat" itu melakukan "BERBAGAI" kemaksiatan, tetapi ia selalu merasa aman (dari murka Allah)" (Tafsir Ibnu Katsir QS.Al-A’raf: 99)

Ibnu Mas’ud ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ berkata :

ุฅِู†َّ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†َ ูŠَุฑَู‰ ุฐُู†ُูˆุจَู‡ُ ูƒَุฃَู†َّู‡ُ ู‚َุงุนِุฏٌ ุชَุญْุชَ ุฌَุจَู„ٍ ูŠَุฎَุงูُ ุฃَู†ْ ูŠَู‚َุนَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ، ูˆَุฅِู†َّ ุงู„ْูَุงุฌِุฑَ ูŠَุฑَู‰ ุฐُู†ُูˆุจَู‡ُ ูƒَุฐُุจَุงุจٍ ู…َุฑَّ ุนَู„َู‰ ุฃَู†ْูِู‡ِ

"Sesungguhnya seorang "MUKMIN" akan memandang dosa2nya 'seakan-akan' dia sedang duduk di bawah gunung, & Takut jika Gunung tersebut jatuh Menimpanya. Dan seorang yang Faajir (orang yang selalu melakukan dosa) memandang dosa-dosanya seperti seekor LALAT yang sedang lewat pada Hidungnya" (HR. Bukhari no. 6308)

Manshur bin Ammar ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata :

ุฃุนู‚ู„ ุงู„ู†ุงุณ ู…ุญุณู† ุฎุงุฆู، ูˆ ุฃุฌู‡ู„ ุงู„ู†ุงุณ ู…ุณูŠุก ุขู…ู†

"Orang yang paling Berakal adalah orang yang berbuat baik "namun" ia tetap merasa takut. Sedangkan orang yang paling bodoh adalah orang yang berbuat Dosa, namun ia merasa aman" (Bustaanul Waa'izin 82)

Di antara bentuk merasa aman dari siksa dan hukuman dari Allah Ta'ala adalah :

1. Seseorang yang hatinya 'tenang-tenang' saja tidak Takut kepada adzab dan hukuman Allah. Maka ia pun akan 'terus menerus' dalam Kesesatan dan Kemaksiatannya.

2. Tertipu; MERASA dirinya orang yang 'akidahnya' Kuat, 'ibadahnya' Benar, serta Lurus Manhajnya, hingga merasa semua ibadahnya diterima, dosa-dosanya Diampuni, dan akan mati di atas 'Husnul Khatimah', sehingga Ketika Bermaksiat pun merasa tidak terlalu Mengganggu Keimanannya.

Abdullah bin 'Aun ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata :

ู„ุง ุชุซู‚ ุจูƒุซุฑุฉ ุงู„ุนู…ู„، ูุฅู†ูƒ ู„ุง ุชุฏุฑูŠ ุฃูŠู‚ุจู„ ู…ู†ูƒ ุฃู… ู„ุง، ูˆู„ุง ุชุฃู…ู† ุฐู†ูˆุจูƒ ูุฅู†ูƒ ู„ุง ุชุฏุฑูŠ ู‡ู„ ูƒูุฑุช ุนู†ูƒ ุฃู… ู„ุง؛ ู„ุฃู† ุนู…ู„ูƒ ู…ุบูŠَّุจٌ ุนู†ูƒ ูƒู„ู‡ ู„ุง ุชุฏุฑูŠ ู…ุง ุงู„ู„ู‡ ุตุงู†ุน ุจู‡

"Janganlah engkau itu Percaya Diri pada 'Banyaknya Amal', Karena Sesungguhnya engkau Tidak mengetahui apakah amalmu diterima atau tidak? Dan janganlah engkau merasa aman dari Dosa-Dosamu, karena sesungguhnya engkau tidak mengetahui apakah dosa-dosamu dihapuskan (diampuni) atau tidak ? Dikarenakan semua amalmu itu tidak diketahui olehmu. Engkau Tidak mengetahui apa yang akan Allah perbuat dengannya" (Rasaa-il Ibnu Rajab IV/440)

3. Menggampangkan Allah Ta'ala ; dia bermaksiat dengan niatan untuk Taubat sesudahnya. Sehingga "Ringan" berbuat durhaka / menggampangkan taubatnya.

Imam Ibnul Jauzi ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ berkata :
"Ketahuilah, salah satu Bentuk 'Ujian' yang paling Besar adalah 'tertipunya' seorang hamba dengan "merasa" aman dan selamat dari "Adzab" setelah ia melakukan dosa. Sesungguhnya Balasan itu akan datang kemudian. Dan salah satu balasan yang paling besar adalah "KETIDAKTAHUAN" seseorang terhadap balasan..." (Shaidul Khaathir hal 314)

4. Istidraj; seseorang yg mendapatkan dunia yg melimpah, padahal bermaksiat kepada Allah & semakin jauh dari ajaran agama. Dia pun "merasa" sebagai orang yang baik, dan berada di atas kebenaran dengan banyaknya dunia yang dia miliki.

0 Response to "Hilang Rasa Takut Kepada Allah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak