AGAR DO’A KITA DIIJABAH SAAT DALAM KESUSAHAN

AGAR DO’A KITA DIIJABAH SAAT DALAM KESUSAHAN

Nabi shollallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
‏من سره أن يستجيب اللهُ له عند الشَّدائدِ والكُرَبِ ، فلْيُكثِرِ الدعاء في الرخاءِ

“Siapa yang suka do’anya diijabah saat susah maka hendaklah ia memperbanyak do’a saat senang..” (HR Attirmidzi dan dishahihkan oleh Syaikh Al Bani)

Memperbanyak do’a saat senang dengan banyak mengingat Allah, bersyukur dan beristigfar atas dosa dan kekurangan yang ia lakukan, sebagaimana yang dikatakan oleh Al Hulaimi. (Faidhul Qadir 6/194)

Dalam hadits lain Nabi shollallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تعرَّف إلى الله في الرخاء يَعْرِفْك في الشدة

“Kenalilah Allah di waktu senang, niscaya Dia akan mengenalimu di saat susah..” (HR Abul Qasim bin Bisyran dalam amalinya)

Hadits yang mulia ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Bani. Hadits ini mengandung pelajaran penting tentang bagaimana agar doa kita dikabulkan saat kita mengalami kesulitan dan kesusahan.

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan bahwa salah satu kunci agar doa dikabulkan saat susah adalah dengan memperbanyak doa saat senang. 

Maksudnya, ketika kita sedang dalam keadaan lapang dan bahagia, hendaknya kita tidak lupa untuk terus berdoa kepada Allah Subhanahu wata'ala. 

Hal ini menunjukkan rasa syukur kita atas nikmat yang telah diberikan, dan juga memperkuat hubungan kita dengan Allah Subhanahu wata'ala.

Ketika kita terbiasa berdoa di saat senang, maka hati kita akan lebih dekat dengan Allah Subhanahu wata'ala. Sehingga, ketika kita mengalami kesulitan dan kesusahan, hati kita akan lebih mudah untuk tertuju kepada Allah Subhanahu wata'ala dan doa-doa yang kita panjatkan pun akan lebih mudah dikabulkan.

Selain memperbanyak doa saat senang, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan agar doa dikabulkan saat susah, yaitu:

1. Berdoa dengan penuh kesungguhan dan keyakinan bahwa Allah Subhanahu wata'ala akan mengabulkan doa kita.

2. Memperhatikan adab-adab berdoa, seperti berwudhu, menghadap kiblat, dan mengangkat tangan.

3. Menyebutkan nama-nama Allah Subhanahu wata'ala yang baik dan mulia.

4. Memohon ampunan dosa sebelum berdoa.

5. Bersedekah kepada orang lain.

 6. Memperbanyak amal ibadah.

Dengan melakukan semua hal tersebut, insyaAllah doa kita akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wata'ala, baik di saat senang maupun di saat susah.

Semoga bermanfaat!

0 Response to "AGAR DO’A KITA DIIJABAH SAAT DALAM KESUSAHAN"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak