TIDAK BOLEH MERASA AMAN DARI KESESATAN

Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah berkata,

ู„ุง ุฃุญุฏ ูŠุฒูƒูŠ ู†ูุณู‡، ูˆู„ุง ุฃุญุฏ ู„ุง ูŠุฎุงู ู…ู† ุงู„ูุชู†ุฉ، ู…ุง ุฏุงู… ุนู„ู‰ ู‚ูŠุฏ ุงู„ุญูŠุงุฉ ุง๏ปนู†ุณุงู† ู…ุนุฑุถ ู„ู„ูุชู†ุฉ، ุถู„ََّّ ุนู„ู…ุงุก ุฃุญุจุงุฑ، ูˆุฒู„ّุช ุฃู‚ุฏุงู…ู‡ู…، ูˆุฎุชู… ู„ู‡ู… ุจุงู„ุณّูˆุก ูˆู‡ู… ุนู„ู…ุงุก، ูุงู„ุฎุทุฑ ุดุฏูŠุฏ، ูˆู„ุง ูŠุฃู…ู† ุง๏ปนู†ุณุงู† ุนู„ู‰ ู†ูุณู‡ ุฃู† ุชู†ุฒู„ู‚ ู‚ุฏู…ู‡ ููŠ ุงู„ุถู„ุงู„.

"Tidak ada seorang pun yang boleh menganggap dirinya suci. Tidak ada seorang pun yang boleh merasa tidak takut terhadap kesesatan. Selama masih hidup, seseorang menjadi sasaran kesesatan. Telah banyak ulama yang tersesat. Mereka tergelincir dan ditimpa su'ul khatimah, padahal mereka adalah ulama. Jadi, bahaya yang mengintai sangat besar. Seseorang tidak bisa merasa aman bahwa dirinya tidak akan tergelincir dalam kesesatan."

(I’anatul Mustafid, jilid 1 hlm. 129)

Perkataan Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah tersebut merupakan pengingat bagi kita semua bahwa kesesatan adalah bahaya yang selalu mengintai setiap manusia, bahkan termasuk para ulama.

Kesombongan dan rasa aman adalah dua penyakit yang dapat membawa manusia kepada kesesatan. Jika seseorang menganggap dirinya suci dan tidak perlu lagi belajar, maka dia akan mudah terjerumus ke dalam kesesatan.

Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga diri dengan:

  • Memperbanyak ilmu agama: Semakin banyak ilmu agama yang kita pelajari, semakin kuat pula benteng kita terhadap kesesatan.
  • Selalu berhati-hati dalam menerima informasi: Jangan mudah percaya dengan informasi yang belum jelas sumbernya. Pastikan informasi yang kita terima berasal dari sumber yang terpercaya dan sesuai dengan ajaran Islam.
  • Memohon perlindungan kepada Allah SWT: Berdoalah kepada Allah SWT agar dijauhkan dari kesesatan dan dilimpahkan ilmu yang bermanfaat.

Semoga Allah SWT menjaga kita semua dari kesesatan dan memberikan kita hidayah yang lurus. Aamiin.

0 Response to "TIDAK BOLEH MERASA AMAN DARI KESESATAN"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak